Sabtu, 06 Juni 2015

Membuat Kimchi untuk Lidah Indonesia Cara Membuat Kimchi – Cara Dasar Membuat Kimchi




Bahan – bahan:
·        Sawi putih ukuran besar, 1 buah
·        Lobak putih, ½ batang
·        Daun bawang, 4 batang
·        Bawang putih, 4 siung
·        Jahe, 1 ruas jari
·        Garam dapur halus, 2 sdt
·        Garam laut kasar, ½ gelas
·        Gula, 1 sdm
·        Bubuk cabe kering, 6 sdm
·        Saus ikan / kecap ikan, 2 sdm
·        Air secukupnya
Cara membuat:
·        Cuci bersih sawi, pastikan setiap lembar terdalam sawi benar – benar tercuci bersih. Biarkan bentuk sawi utuh, tiriskan.
·        Larutkan garam laut dengan air matang di dalam wadah yang cukup besar agar sawi muat. Masukan sawi ke dalam air larutan garam tersebut, dan rendam selama 6 jam.
·        Sambil menunggu, kupas dan iris tipis lobak putih bentuk memanjang, bisa menggunakan parutan khusus sayuran untuk membentuk irisan memanjang, sisihkan.
·        Iris tipis daun bawang berbentuk memanjang, sisihkan.
·        Parut atau haluskan bawang putih dan jahe.
·        Campur lobak, daun bawang, bawang putih halus, jahe halus, bubuk cabe, gula, garam dapur dan saus ikan, sisihkan.
·        Jika sudah 6 jam, angkat sawi, bersihkan kembali dengan air matang, dan tiriskan sebentar. Sekarang Anda bisa membiarkan sawi dalam keadaan utuh, atau memotong menjadi dua bagian membujur, atau memisahkan lipatan – lipatan daun sawi, atau bahkan memotongnya kecil – kecil, semua tergantung selera Anda.
·        Campurkan campuran bumbu tadi kepada sawi secara merata, balurkan ke setiap lembar daun sawi yang terdalam. Sambil dibaluri, remas – remas sawi agar cairan sawi keluar.
·        Simpan sawi yang telah dibumbui di dalam wadah kedap udara selama dua hari atau 48 jam agar bumbu meresap ke dalam daging sawi. Ini adalah proses fermentasi kimchi. Proses fermentasi yang lebih lama, akam membuat rasa kimchi menjadi lebih maksimal. Jangan simpan kimchi di kulkas karena akan mengganggu proses fermentasi. Setelah proses fermentasi selesai, baru Anda bisa menyimpannya di kulkas.
·        Sajikan kimchi dengan rasa asam dan pedasnya yang khas seperti salad, atau bersama sajian lainnya, atau masak kimchi menjadi kreasi makanan yang lain seperti sup, nasi goreng, dan lain sebagainya Tambahan: Jika suka, Anda bisa menambahkan sayuran lain seperti kol, timun, sawi cina, wortel, dan lain sebagainya. Beberapa kimchi menambahkan daging kerang laut yang dihaluskan, jika Anda suka, Anda bisa mencobanya. Jumlah bubuk cabe sebenarnya bisa disesuaikan dengan selera Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar